Instalasi dan konfigurasi jaringan lan

Jaringan Komputer LAN ( Topologi Star )

Network atau jaringan adalah hubungan antara dua atau lebih elemen yang bertujuan untuk melakukan konektifitas melalui media tertentu agar dapat saling berbagi informasi ataupun sesuatu yang dibutuhkan dalam hubungan yang terbentuk. di sini kita akan mengulas tentang dasar- dasar dari jaringan komputer ( dalam bahasa kerenya di sebut computer Network ). jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer otonom melalui media komunikasi data. sedanga yang dimaksud dengan otonom itu sendiri adalah komputer yang mampu berdiri sendiri atau bisa juga disebut PC ( personal Computer ).


dalam pembuatan jaringan kita akan dikenalkan pada Topologi, Topologi adalah jenis dari pada jaringan komputer, Topologi harus kita pilih dalam pembentukan suatu jaringan komputer, dalam pemilihan Topologi ini kita di hadapkan pada materi Dana keuangan , karena dari berbagai jenis Topologi itu sendiri menentukan Harware jaringan yang berbeda - beda ( diluar PC yang akan dibentuk jaringan ).
sebelum kita membahasa lebih lanjut tentang jaringan komputer, kita akan mengulas dulu satu persatu hardware yang diperluan dalam pembuatan jaringan
>> Kabel jaringan
> Konektor RJ45
> Switch HUB

>> NIC ( Network Interface Card )

  • buka start menu pilih Run ketikan cmd dan ok
  • setelah keluar jendela Command berwarna hitam , dari komputer 1 ketikan > ping 192.168.1.3
  • jika keluar replay dari komputer yang memiliki IP 192.168.1.3 maka komputer telah terkoneksi dengan baik
  • lakukan hal yang sama untuk semua komputer pastikan replay dari masing - masing komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam macam jaringan komputer

Makanan khas subang